Apa itu Navigasi?

Kali ini saya akan menjelaskan tentang navigasi untuk seorang pendaki kita sangat lah perlu navigasi apa lagi ketika kita ingin mendaki hutan gunung yang masih belantara dan belum di jamah oleh manusia tentunya ilmu navigasi sangatlah penting bagi kita.
nah di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang ilmu navigasi yang biasa di pakai dalam pendakian kalangan pendaki gunung khusunya bagi para Anggota Komunitas Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup (KOPALA PIDIE ACEH) sendiri.

NAVIGASI
Navigasi adalah ilmu yang mempelajar peta dan kompas,

Navigasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata navis yang berarti perahu kapal dan kata agake yang berarti mengarahkan. Arti secara harfiah yaitu mengarahkan sebuah kapal dalam melakukan pelayaran. Pada perkembangan selanjutnya kata navigasi tidak hanya diperuntukkan lagi dalam dunia pelayaran, akan tetapi juga digunakan dalam perjalanan darat (navigasi darat) dan udara (navigasi udara).

navigasi merupakan sebuah ilmu yang bersifat teoritis dan juga praktis. Seseorang yang akan melakukan kegiatan Navigasi maka mutlak baginya untuk mengetahui dan menguasai ilmu navigasi secara teoritis. Ini merupakan syarat mutlak bagi seorang navigator.

Dalam ilmu navigasi, menghapal dan memahami navigasi secara teori saja tidak menjamin seseorang dapat mengaplikasikannya di medan sebenarnya dengan benar.
Pengetahuan navigasi juga diperlukan untuk usaha-usaha pencarian dan penyelamatan korban kecelakaan atau tersesat di gunung dan hutan, dan juga untuk keperluan olahraga antara lain lomba orienteering.

oleh sebab itulah pengetahuan tentang pedoman arah (compass) dan peta serta teknik penggunaannya haruslah dimiliki dan dipahami.

Alat yang di perlukan untuk navigasi :
  • Peta
  • Kompas
  • Gps


Peta adalah bentuk skala bumi yang di gambarkan dalam bidang datar.
Ada beberapa jenis peta yang dibuat tergantung tujuan penggunaannya, 
diantaranya adalah :

  • Peta Topografi

Peta ini menyajikan gambaran secara detail keadaan suatu tempat sehingga dapat diperoleh gambaran secara jelas.  informasi yang didapat cukup lengkap, seperti jalan, batas wilayah, trianggulasi dan lain-lain termasuk kontur sebagai gambaran ketinggian tempat.  Skala yang diguna kan biasanya 1 : 50.000 dan 1 : 25.000, peta topogfafi biasanya menggambarkan perbedaan ketinggian pada  suatu daerah dengan interfal tertentu, dimana interval tersebut tergantung dari skala yang digunakan peta tersebut.


Peta Topografi peta topografi
Berasal dari bahasa yunani, topos yang berarti tempat dan graphi yang berarti menggambar. Peta topografi memetakan tempat-tempat dipermukaan bumi yang berketinggian sama dari permukaan laut menjadi bentuk garis-garis kontur, dengan satu garis kontur mewakili satu ketinggian. Walaupun peta topografi memetakan tiap interval ketinggian tertentu, namun disertakan pula berbagai keterangan pula yang akan membantu untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai daerah permukaan bumi yang terpetakan tersebut, keterangan-keterangan itu disebut legenda peta.


  • Kompas

Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. Arah mata angin yang ditunjuknya adalah utara, selatan, timur, dan barat. Apabila digunakan bersama-sama dengan jam dan sekstan, maka kompas akan lebih akurat dalam menunjukkan arah. Alat ini membantu perkembangan perdagangan maritim dengan membuat perjalanan jauh lebih aman dan efisien dibandingkan saat manusia masih berpedoman pada kedudukan bintang untuk menentukan arah. 

  • Gps

Global Positioning System (GPS) adalah suatu sistem navigasi atau penentu posisi berbasis satelit yang dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US DoD = United States Department of Defense). Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa tergantung waktu dan cuaca. Penentuan posisi GPS digambarkan dengan menggunakan nilai koordinat X dan Y atau garis bujur dan garis lintang ( longitude/latitude ). system ini digunakan untuk menentukan posisi pada permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. System ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima yang ada di bumi, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. GPS Tracker atau sering disebut dengan GPS Tracking adalah teknologi AVL (Automated Vehicle Locater) yang memungkinkan pengguna untuk melacak posisi kendaraan, armada ataupun mobil dalam keadaan Real-Time. GPS Tracking memanfaatkan kombinasi teknologi GSM dan GPS untuk menentukan koordinat sebuah obyek, lalu menerjemahkannya dalam bentuk peta digital.


DGPS (Differential Global Positioning System) adalah sebuah sistem atau cara untuk meningkatkan GPS, dengan menggunakan stasiun darat, yang memancarkan koreksi lokasi. Dengan sistem ini, maka ketika alat navigasi menerima koreksi dan memasukkannya kedalam perhitungan, maka akurasi alat navigasi tersebut akan meningkat. Oleh karena menggunakan stasiun darat, maka sinyal tidak dapat mencakup area yang luas.


Cara Kerja Global Positioning System (GPS).
Sistem kerja GPS adalah dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (portable GPS murni, ataupun smartphone yang sudah memiliki fitur GPS). GPS membutuhkan transmisi dari 3 satelit untuk mendapatkan informasi dua dimensi (lintang dan bujur), dan 4 satelit untuk tiga dimensi (lintang, bujur dan ketinggian).


Karena GPS bekerja mengandalkan satelit, maka penggunaannya disarankan di tempat terbuka. Penggunaan di dalam ruangan, atau di tempat yang menghalangi arah satelit (di angkasa), maka GPS tidak akan bekerja secara akurat dan maksimal. Setiap daerah di atas permukaan bumi ini minimal terjangkau oleh 3-4 satelit. Pada dasarnya, setiap GPS terbaru bisa menerima sampai dengan 12 chanel satelit sekaligus. Kondisi langit yang cerah dan bebas dari halangan membuat GPS dapat dengan mudah menangkap sinyal yang dikirimkan oleh satelit. Semakin banyak satelit yang diterima oleh GPS, maka akurasi yang diberikan juga akan semakin tinggi.


Secara Umum Cara kerja GPS sebagai berikut :
  • Memakai perhitungan “triangulation” dari satelit.
  • Untuk perhitungan “triangulation”, GPS mengukur jarak menggunakan travel time sinyal radio.
  • Untuk mengukur travel time, GPS memerlukan memerlukan akurasi waktu yang tinggi.
  • Untuk perhitungan jarak, pastikan posisi satelit dan ketingian pada orbitnya.
  • Menggoreksi delay sinyal waktu perjalanan di atmosfer sampai diterima reciever.

Apa itu Navigasi? Apa itu Navigasi? Reviewed by KOPALA PIDIE ACEH on 16.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.